Deposit on Call Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya (2024)

Deposit on call menjadi salah satu jenis tabungan yang semakin banyak digemari oleh banyak orang. Mulai dari kalangan muda yang telah berpenghasilan sampai dengan para profesional. Kini semakin banyak orang tahu bahwa tabungan jenis ini memiliki banyak keuntungan bagi para nasabah.

Tak hanya itu saja namun pengajuannya pun bisa dibilang tidaklah rumit. Siapa saja yang telah emmiliki usia cukup dan memiliki sejumlah uang bisa membuka rekening jenis ini. Pastinya setiap nasabah yang memiliki tabungan jenis ini akan memperoleh sejumlah manfaatnya.

Baca Juga 15 Tips Maksimal Transfer Dana ke Bank dan Cara Mengelolanya

Sebenarnya deposit on call ini merupakan deposito berjangka yang dapat diambil kapan saja atau sewaktu-waktu. Jadi nasabah dapat mengambil simpanannya sewaktu-waktu. Namun pengambilannya haruslah dilakukan berdasarkan pada kesepakatan yang sudah dijalin antara pihak nasabah dengan bank. Hal ini sangat menguntungkan para nasabah karena simpanan ini dapat menutup segala keperluan nasabah.

Table of Contents

Ketentuan Deposit on Call

Deposit on Call Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya (1)

Untuk bisa memperoleh layanan deposit on call, maka ada beberapa ketentuan yang harus disediakan oleh para nasabah. Beberapa ketentuan tersebut seperti yang tercatat berikut di bawah ini.

1. Memiliki identitas diri

Untuk membuka rekening tentunya setiap orang perlu memiliki identitas diri pribadi. Itulah mengapa umumnya orang yang bisa membuka tabungan atau rekening di bank haruslah berusia 17 tahun ke atas

Di usia ini setiap orang sudah memiliki identitas diri. Mulai dari KTP dan juga NPWP bisa dimiliki oleh warga berusia 17 tahun ke atas.

Selain itu di usia ini pula seseorang bisa mulai memiliki SIM ataupun STNK yang juga bisa menjadi identitas diri seseorang.

Biasanya saat mengajukan permohonan rekening maka nasabah wajib menunjukkan identitas diri berupa KTP dan NPWP. Nantinya identitas diri ini akan menjadi patokan atau acuang bagi nasabah untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak bank.

2. Memenuhi setoran minimal

Di samping menunjukkan identitas diri melalui pengisian formulir rupanya masih ada ketentuan lain pula. Setiap orang yang ingin mengajukan rekening untuk deposito berjangka juga perlu tahu berapa jumlah uang yang harus disetorkan di awal. Bukan hanya itu saja namun setoran berikutnya juga perlu diketahui secara pasti.

Adapun jumlah setoran tiap bank bisa berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun pada umumnya jumlah minimal untuk setoran deposit on call di tiap bank hampir sama.

Siapa saja yang ingin memiliki simpanan dalam bentuk deposito berjangka ini perlu menyiapkan dana secara berkala untuk disetorkan pada bank.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Keuntungan Deposit on Call

Deposit on Call Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya (2)

Memiliki deposit on call memberikan banyak keuntungan sebagai berikut.

1. Dana aman berkat deposit on call

Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh nasabah adalah keamanan tabungan nasabah yang cenderung lebih tinggi.

Tentunya penyimpanan uang menjadi suatu solusi terbaik bagi siapa saja yang ingin memiliki tabungan. Termasuk pula deposito berjangka yang pastinya tidak bisa diakses oleh orang lain kecuali pemilik simpanan atau tabungan ini sendiri.

Terlebih lagi pihak bank pada umumnya memberikan berbagai fasilitas khusus bagi para pemilik tabungan deposito. Seluruh fasilitas yang ada juga dapat menunjang keamanan keuangan Anda. Dan lagi simpana keuangan ini dilindungi pula oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan Indonesia.

2. Bisa diambil sewaktu-waktu

Deposito berjangka sebenarnya hampir sama dengan tabungan biasa. Namun deposito jenis ini umumnya bisa dimiliki jika jumlah setoran mencapai jumlah ratusan juta rupiah.

Saat Anda menyimpan uang dalam bentuk deposito di lembaga bank maka tak perlu lagi khawatir mengenai bagaimana cara mengambil uang tersebut.

Untuk mengambilnya Anda hanya tinggal mengajukan kesepakatan pada pihak bank saat melakukan setoran. Pengambilan deposito ini sendiri bisa dilakukan mulai dari 3 hari sampai dengan 1 tahun. Maka pengambilan tabungan Anda bisa dilakukan kapan saja dengan waktu yang sudah ditentukan dan diketahui oleh pihak bank.

3. Bunga deposit on call yang tinggi

Keuntungan lain yang juga bisa diperoleh nasabah melalui deposit on call adalah adanya suku bunga yang tinggi. Bahkan suku bunga ini bisa pula dinegosiasikan bersama dengan pihak bank.

Pada dasarnya bunga dari deposito sendiri sudah berbeda dengan bunga dari tabungan biasa. Sudah tentu bunga deposito lebih tinggi atau lebih besar. Kemudian saat melakukan pembahasan bersama bank nantinya pihak bank akan memberikan info mengenai batasan bunga maksimum. Yang jelas jumlah bunga ini akan sangat memuaskan para nasabah yang memang memiliki simpanan dalam bentuk deposito berjangka.

4. Dapat digunakan untuk investasi

Saat ini semakin banyak orang yang mulai memikirkan adanya investasi. Dengan adanya investasi inilah nantinya setiap orang memiliki cadangan dana yang mungkin bisa diambil sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Kini tak perlu bingung bentuk investasi seperti apakah yang bisa dipilih. Sebab investasi terbaik bisa hadir dalam bentuk deposit on call. Pastinya investasi ini bisa sangat menguntungkan Anda.

Di samping adanya bunga yang tinggi tentu investasi ini bisa diubah dalam bentuk kurs tertentu. Saat nilai Rupiah semakin kuat maka jangan ragu untuk menukarnya dengan dollar US. Namun saat nilai Rupiah sedang turun sebaiknya tariklah USD tersebut dan tukarlah kembali dengan Rupiah.

Deposit on call dengan segala keuntungan yang diberikannya pada nasabah tentu saja sangat menarik bagi banyak pihak.

Tak heran jika semakin hari semakin banyak nasabah yang bersedia untuk menyimpan dana dalam bentuk deposito berjangka ini. Tentunya deposito jenis ini bisa menjadi investasi terbaik untuk siapapun yang ingin memiliki simpanan.

Gunakan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

Deposit on Call Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya (3)

Bukan hanya sekedar menyimpan dana namun keuntungan yang diperoleh dari simpanan Anda ini bisa dibilang cukup besar. Keuntungan ini salah satunya didapatkan dari bunga yang memang tersedia bagi para nasabah. Maka jangan sampai lewatkan kesempatan untuk memiliki deposito berjangka di masa kini.

Deposit on Call Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Geoffrey Lueilwitz

Last Updated:

Views: 6126

Rating: 5 / 5 (80 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Geoffrey Lueilwitz

Birthday: 1997-03-23

Address: 74183 Thomas Course, Port Micheal, OK 55446-1529

Phone: +13408645881558

Job: Global Representative

Hobby: Sailing, Vehicle restoration, Rowing, Ghost hunting, Scrapbooking, Rugby, Board sports

Introduction: My name is Geoffrey Lueilwitz, I am a zealous, encouraging, sparkling, enchanting, graceful, faithful, nice person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.